bingung menentukan karir

oleh | 2 October 2010 | 0 Komentar

Saya adalah seorang sarjana s1 kimia lulusan dari salah satu institut negeri dengan ipk 2.8, tapi sampai sekarang usia menginjak 31 tahun belum mendapat pekerjaan. Pernah tahun 2005 mendapat pekerjaan bidang kimia tapi hanya 3 bulan. Sebenarnya minat saya adalah bidang IT saya mendalami pemrograman komputer secara otodidak tapi saat melamar kerja bidang IT sulit karena tak memiliki pendidikan formal dibidang itu. Untuk melamar kerja bidang kimia pun juga sulit karena faktor usia dan sedikitnya pengalaman kerja. Mungkin anda dapat memberikan solusi kepada saya bidang karir apa yang harus saya fokuskan mulai sekarang…?
Terima kasih atas perhatiannya..

Dear Hidayat,

Anda bisa fokuskan diri Anda di bidang IT, karena minat Anda yang lebih mengarah ke sana ditandai dengan kemauan Anda mempelajari bidang ini secara otodidak, mungkin ada baiknya Anda mengambil sertifikasi atau kursus-kursus dibidang ini, sehingga Anda memiliki validasi atas kemampuan Anda tersebut pada saat melamar kerja di bidang ini.

Jangan putus asa dan coba terus mengirim lamaran ke perusahaan-perusahaan yang Anda inginkan, perbaiki CV Anda, buatlah sesuai kebutuhan perusahaan yang Anda tuju. Lakukan riset atas perusahaan tersebut sehingga Anda bisa menyusun CV yang fokus pada kebutuhan perusahaan dan kemampuan Anda, khususnya pada pencapaian yang pernah Anda lakukan di bidang IT. Tulis CV Anda dengan menarik dan masukkan juga kelebihan-kelebihan lain yang Anda miliki. Dengan fokus pada kemampuan dan potensi Anda, saya yakin suatu saat nanti Anda akan mendapatkan panggilan kerja.

Berpikir positif dan pantang menyerah. Demikian Hidayat, semoga membantu. Sukses untuk Anda.

Salam,

Andin

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.