Bingung memilih

oleh | 14 January 2009 | 0 Komentar

Saya sudah kerja di Pt X selama >6 tahun. Gaji menurut saya “Cukup”. Tapi perasaan sudah bosan/jenuh kerja. Selain tidak ada jenjang karir berikutnya (kecuali kalau pindah bagian), bayang-bayang terkena tsunami PHK sudah terasa walaupun belum tahu kapan (bila terkena PHK mungkin dapat pesangon) .

Sudah 2 tahun terakhir sering apply lowongan kerja online, tapi baru bisa lolos sekarang. Ada 2 tawaran kerja tempat lain, 1 Pt Y yang kurang lebih skala pt nya sama dengan Pt X, kelebihannya : gaji sedikit lebih (+300 ribu aja), dan ada tunjangan tambahan (asuransi keluarga), kekurangannya : tempat lebih jauh, jenjang karir sama dengan Pt X. 2. Pt Z yang skalanya jauh lebih besar dari Pt X dan Y. kelebihannya (dari Pt X) : jarak lebih dekat, jenjang karir yang jelas, adanya tunjangan tambahan. kekurangannya: gaji lebih rendah dari Pt X.

Mohon diberi pencerahan, agar saya bisa lebih cepat memutuskan.
Terima Kasih

Ivan

 

Sdr Ivan,

Mari kita lihat satu per satu. Goodnews nya, Anda sudah menemukan dua penyebab kejenuhan di tempat kerja. Pada penyebab (a), Anda sendiri sudah mendapatkan semacam way out: pindah bagian. Tentang bayang-bayang PHK, saya berasumsi sebagai hasil ?bacaan? Anda terhadap atmosfer tempat kerja yang realistis, karena sudah 6 tahun di PT.X (tidak hanya karena berita krisis global). Sistem alert ini menjadi modal besar untuk menentukan pilihan Anda selanjutnya.

Sekarang , mari kita tempatkan analisa Anda pada tabel sederhana berikut;

PT. X (existing) PT. Y PT. Z
No career path (-) Skala ? sama dg PT X (-) Skala > PT.X & PT.Z (+)
Pindah bagian (+) Jenjang karir sama dg PT.X (-) Jenjang karir jelas (+)
Gaji “cukup” (+)? (-)* Gaji > 300rb (+) Gaji < PT.X (-)
Tunjangan tambahan (+)
Lokasi: ? Lokasi lebih jauh (-) Lokasi lebih dekat

* tanda (“) pada cukup nampaknya menunjukkan kurang puas.

Perhatikan tanda (+) dan (-) pada tiap poin di tabel.
Secara statistik di atas kertas, Anda mungkin akan langsung menjatuhkan pilihan pada PT.Z. Namun, kita bedah dulu lebih detil, berdasarkan cerita Anda, keinginan utama Anda: Peningkatan Karir, secara implisit, implikasi yang diharapkan adalah;
(a) peningkatan pendapatan (tidak hanya gaji, tetapi termasuk; tunjangan, bonus, dsb);
(b) peningkatan & pengembangan skill (pendukung survival kerja & peningkatan karir serta pendapatan)

Dua poin tersebut membutuhkan iklim perusahaan yang kondusif, di antaranya; memiliki jenjang karir jelas, berarti akan ada jenjang pendapatan yang jelas juga. Kompleksitas (skala) juga berpengaruh di mana tersedia kesempatan untuk pengembangan skill karyawan. Sebaiknya Anda juga memiliki data/informasi tentang sistem jenjang karir ini (waktu & syarat/indikator). Pertimbangan objektif lain (yang sudah Anda sadari juga) adalah lokasi, implikasinya tentu pada biaya transportasi & waktu-energi. Apakah terakomodir dalam peningkatan pendapatan & skill yang ditawarkan.

Apakah PT. X sudah layak dilupakan? Belum tentu, sebab terbukti Anda mampu melihat celah di sana, mungkin ada celah lainnya. Selain itu masih ada data akurat lain yang belum Anda sampaikan, yaitu diri Anda sendiri. Saya harap Anda menambahkan satu tabel lagi yakni Tabel Preferensi (Kerja) Diri.

Anda bisa mencari semacam tes psikologi, yang kurang lebih akan ‘mengingatkan’ Anda tentang; kecenderungan pola kerja (teamwork, leadership, skill analisa, preferensi lingkungan sosial kerja, bidang minat yang ingin dikembangkan, ‘pola’ kepuasan dalam bekerja), dsb. Tidak harus selalu tes, tetapi variabel (item) yang tertera bisa di’contek’ untuk Anda rangkai dalam tabel mandiri. Feedback orang terdekat juga bisa melengkapi, tetapi Anda penentunya. Anda juga bisa bekerja sama dengan ConsultantHR.

Jika happiness menjadi tujuan ‘akhir’, maka rumusan paling pasti adalah relativitas, Semoga bisa memberi pencerahan, good luck!

Regards,
Tim Konsultankarir.com

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.