Begini Cara Memotivasi Generasi Millennial di Kantor

oleh | 13 April 2018 | 0 Komentar

Four business people sitting at desk, clapping hands

Salah satu generasi yang banyak dicari oleh perusahaan saat ini adalah generasi millennial. Dengan kemampuan teknologi mereka yang cukup tinggi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk bekerjasama dengan mereka. Lalu setelahnya, bagaimana cara meningkatkan produktivitas generasi paling technology savvy ini? Kamu perlu memberikan mereka motivasi untuk bekerja. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memotivasi generasi millennial agar betah dan produktif untuk perusahaanmu.

1. Berikan feedback yang membangun
Salah satu budaya kerja generasi millennial adalah mereka selalu mencari peluang untuk pertumbuhan karir. Generasi ini cenderung lebih senang bekerja pada perusahaan yang menghargai setiap usaha karyawannya dan menawarkan perkembangan karir.

Karena itulah, penting untuk memberikan feedback yang membangun pada hasil kerja mereka. Tidak perlu berlebihan, ucapan terima kasih dan selamat atas kerja keras dan keberhasilan sudah cukup untuk membuat mereka merasa nyaman bekerja di tempatmu. Dengan begitu, mereka dapat bekerja lebih maksimal.

2. Waktu kerja yang fleksibel lebih diminati millennial
Menurut salah satu penelitian oleh Deloite, prioritas utama Millennials dalam memilih pekerjaan adalah faktor keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi. Perusahaan yang menawarkan jam kerja yang fleksibel punya peluang lebih besar untuk bekerjasama dengan generasi ini secara maksimal.

3. Title jabatan bisa memotivasi
Millennial adalah generasi yang selalu ingin berkembang, begitu pula dalam hal karir. Kebanyakan dari mereka memilih untuk pindah pekerjaan jika tidak juga mendapatkan promosi jabatan setelah bertahun-tahun bekerja.

Kamu bisa menambahkan nama jabatan baru, agar mereka merasa lebih berkembang di perusahaanmu. Misalnya jika biasanya perusahaanmu hanya memiliki staff dan manager, kamu bisa membuatnya menjadi junior staff, staff, dan senior staff sebelum menempati posisi manager.

4. Pastikan mereka memahami perusahaanmu
Jika mereka tidak memahami perusahaanmu, rasa memiliki tidak akan tumbuh dalam diri millennial dan bisa menurunkan semangat kerja.

Jelaskan dengan baik visi perusahaan kamu agar generasi Y ini benar-benar memahami perusahaanmu. Selain untuk meningkatkan sense of belonging, ini juga akan memberikan mereka gambaran lebih jelas mengenai bagaimana mereka dapat berkontribusi dengan maksimal untuk perusahaanmu.

Melakukan langkah-langkah diatas, generasi millennial akan lebih termotivasi untuk meningkatkan produktivitas kerja dan melahirkan ide-ide baru yang inovative. Tidak sulit bukan?

Share this post :

Share Your Thoughts!

Copyright © 2023 Konsultan Karir. All rights reserved.